fbpx

Jual Beli Online Dapat Menimbulkan Perselisihan Apabila Anda Tidak Memperhatikan Hal ini.

Di era modern ini, sekarang semuanya serba mudah. Salah satu yang paling terasa yaitu berbelanja online. Tidak bisa dipungkiri, belakangan ini strategi penjualan secara online dinilai lebih efektif dibanding cara tradisional seperti membuka toko atau kios sendiri. Hal ini dikarenakan berbelanja secara online dirasa lebih transparan dari segi harganya. Sehingga para pembeli dapat dengan mudahnya bisa membanding-bandingkan harga dan kualitas dari toko satu dengan toko lainnya. Keunggulan lainnya juga yaitu harga yang ditawarkan pada umumnya yaitu harga pas. Artinya harga yang dicantumkan penjual adalah harga yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, berbeda dengan halnya berbelanja di toko offline atau kios yang sudah lazim kebiasaan tawar menawar harga.

Namun, berbelanja secara online tentu saja ada kekurangannya juga. Salah satunya yaitu pembeli tidak bisa melihat secara langsung barang yang ditawarkan. Mereka tentunya hanya bisa melihat barang tersebut melalui gambar / foto-foto yang dipasang penjual beserta keterangan dari produk tersebut. Oleh karenanya banyak juga beberapa konsumen yang merasa kecewa atau bahkan merasa “ditipu” oleh penjual karena produk yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang mereka bayangkan.

Dalam kasus seperti ini sebenarnya sudah sering terjadi. Meskipun ada juga oknum “penjual nakal” yang sengaja melakukan penipuan demi meraup keuntungan yang besar. Baca juga “Tips memilih penjual yang baik dan benar” Namun bukan berarti penjual melakukan penipuan kepada para pembelinya, tetapi biasanya ini terjadi karena adanya kesalahan komunikasi antara penjual dan pembeli. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kesalahan komunikasi antara pembeli dan penjual :

  1. Penjual menuliskan deskripsi produk terlalu berlebihan

Dalam menjual suatu produk secara online, keterangan atau deskripsi produk merupakan senjata andalan bagi para penjual online. Salah satu cara agar calon pembeli mau membeli produk yang kita jual adalah dengan cara meyakinkannya. Oleh karena itu, banyak sekali penjual menuliskan deskripsi produknya dengan sangat baik. Mereka menerangkan secara detail kualitas dari produknya seolah-olah produknya lah yang terbaik. Padahal sebenarnya kualitasnya tidak sebaik dengan apa yang mereka deskripsikan. Oleh karenanya, sangat wajar sebenarnya ketika ada pembelinya yang merasa kecewa dengan produk yang dia beli karena termakan oleh keterangan deskripsi produk yang sangat baik.

  1. Pengetahuan tentang produk yang dijual kurang

Sebagai penjual yang baik, pengetahuan tentang barang yang dijual sangatlah penting. Sebagai contoh misalnya seorang pedagang buah durian harus mengetahui karakteristik dari durian yang dia jual. Dia harus tau bagaimana cara merawat buahnya agar tidak buruk. Bahkan dia juga harus tau buah mana yang sudah matang atau belum. Apalabila pengetahuan ini sudah ia kantongi, maka ketika ada calon pembeli yang bertanya tentang barang dagangannya, penjual pun tentunya bisa menjawab semua pertanyaan dengan mudah. Ia tidak perlu berbohong untuk menjawab bahkan tidak perlu menebak buah mana yang sudah matang. Terbayang bukan apa yang terjadi apabila penjual tidak mengetahui produk yang dia jual??

  1. Pengetahuan tentang produk yang dibeli kurang

Sama halnya dengan penjual, pembeli pun sebaiknya mengetahui tentang produk apa yang akan dia beli. Ada baiknya pembeli melakukan riset atau mencari beberapa informasi dari beberapa sumber mengenai barang yang hendak dibelinya. Serta pahami juga beberapa istilah yang sering digunakan dalam belanja online seperti COD, TF, authentic, KW, dan lain sebagainya. Hal ini berguna agar tidak terjadi komunikasi antara pembeli dan penjual. Sebagai contoh misalnya, pembeli mencari handphone Iphone 11. Setelah mencari barang di beberapa toko marketplace. Pembeli menemukan iphone 11 dengan harga 5juta. Dalam deskripsi, penjual pun menuliskan barang tersebut adalah barang KW mirip iphone 11 asli. Setelah terjadi transaksi, pembeli pasti sangatlah marah dan merasa ditipu setelah melihat barang yang dia beli bukanlah Iphone 11. Oleh karenanya, itulah pentingnya melakukan riset untuk mencari informasi tentang barang yang hendak dibeli seperti mencari spesifikasi produk, harga kisaran produk, serta fitur dan keunggulan lainnya.

  1. Pembeli mengabaikan keterangan deskripsi produk yang dijabarkan pembeli

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa deskripsi produk merupakan senjata andalan bagi para penjual online. Dengan deskripsi produk, penjual bisa menjelaskan tentang detail dari produk yang dia jual secara jelas agar tidak terjadi kekecewaan dari para pembelinya. Namun sayang, tidak sedikit juga para pembeli yang hingga kini masih sering mengabaikan deskripsi produk. Karena tulisan yang panjang, mengakibatkan pembeli malas untuk membaca deskripsi produk tersebut. Oleh karena itu dalam menulis deskripsi produk juga harus berbobot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Simple Order
Order cepat tanpa ribet langsung melalui form whatsapp.
Fast Respons
Kami siap melayani dan merespons order Anda dengan cepat.
Quality Products
Kami hanya menjual produk yang benar benar bermutu dan berkualitas.
Temukan kami di :

Kunjungi Kami

Jl. Dr. Sumeru No. 41, Kec. Menteng, Kota Bogor Barat, Kota Bogor

Jam Operasional

Senin - Sabtu ( 08.00 s/d 17.00 )
Minggu dan Tanggal Merah : Tutup
WhatsApp Kami

Keranjang Belanja

×

Ups, Belum ada barang di keranjang belanja Anda.

Belanja Sekarang !

Form Bantuan Whatsapp!

×